Tiga Perkara Membinasakan Menyelamatkan Menghapus Dosa Mengangkat Derajat

Bismillāhir-raḥmānir-raḥīmi dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi penyayang dan segala puji bagi Tuhan Tuhan Semesta Alam. Baru duduk di meja kerja kemudian membuka blog ">ilmu agama islam.

 yang Maha Pengasih lagi penyayang dan segala puji bagi Tuhan Tuhan Semesta Alam Tiga Perkara Membinasakan Menyelamatkan Menghapus Dosa Mengangkat Derajat

Dari facebook saya menyukai banyak halaman maupun tokoh-tokoh serta ulama di Indonesia, sebab biasanya hampir setiap hari disuguhkan dengan banyak sekali motivasi yang baik untuk kebahagian maupun keselamatan dalam menjalani hidup didunia dan untuk bekal di alam abadi nanti dengan mengharap Ridho Tuhan 'Azza Wa Jalla. Ada hadits shahih yang menciptakan saya ingin share kembali melalui weblog belajar islam ini mengenai Tiga Perkara yang Membinasakan, Menyelamatkan, Menghapus Dosa dan Mengangkat Derajat seorang manusia.

Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:

ثَلاثٌ مُهْلِكَاتٌ ، وَثَلاثٌ مُنَجِّيَاتٍ ، وَثَلاثٌ كَفَّارَاتٌ ، وَثَلاثٌ دَرَجَاتٌ .
فَأَمَّا الْمُهْلِكَاتُ : فَشُحٌّ مُطَاعٌ ، وَهَوًى مُتَّبَعٌ ، وَإِعْجَابُ الْمَرْءِ بنفْسِهِ .
وَأَمَّا الْمُنَجِّيَاتُ : فَالْعَدْلُ فِي الْغَضَبِ ، وَالرِّضَى ، وَالْقَصْدُ فِي الْفَقْرِ وَالْغِنَى ، وَخَشْيَةُ اللَّهِ فِي السِّرِّ وَالْعَلانِيَةِ .
وَأَمَّا الْكَفَّارَاتُ : فَانْتِظَارُ الصَّلاةِ بَعْدَ الصَّلاةِ ، وَإِسْبَاغُ الْوُضُوءِ فِي السَّبَرَاتِ ، وَنَقْلُ الأَقْدَامِ إِلَى الْجَمَاعَاتِ .
وَأَمَّا الدَّرَجَاتُ : فَإِطْعَامُ الطَّعَامِ ، وَإِفْشَاءُ السَّلامِ ، وَصَلاةٌ بِاللَّيْلِ ، وَالنَّاسُ نِيَامٌ .


Adapun tiga masalah yang membinasakan:
1) Kekikiran yang ditaati
2) Hawa Nafsu yang dituruti
3) Kekaguman seseorang terhadap dirinya.

Tiga masalah yang menyelamatkan:
1) Berbuat adil ketika murka maupun senang
2) Sederhana ketika miskin maupun kaya
3) Takut kepada Tuhan ketika bersendirian maupun di keramaian.

Tiga masalah yang menghapuskan dosa:
1) Menunggu sholat hingga sholat berikutnya
2) Menyempurnakan wudhu dalam keadaan dingin
3) Berjalan menuju sholat jama’ah.

Tiga masalah yang mengangkat derajat:
1) Memberi makan
2) Menyebarkan salam
3) Sholat di waktu malam, ketika insan sedang tidur.

[HR. Ath-Thabarani dari Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma, Shahihul Jami’: 3045]

Sahabat muslim yang saya cintai dan semoga dimuliakan Allah Subhanahu Wa Ta'ala mari kita renungkan bersama banyak sekali masalah yang telah disebutkan diatas secara keseluruhan dan kita tanya pada diri kita bagaimana keadaan kita pada dikala ini ?

Shalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam dan semoga kita selaku umatnya sanggup mengikuti dia dan berjumpa di Surga dengannya. Sahabat semuanya mari kita berusaha sekuat tenaga dan selalu berdoa supaya dihindarkan dari 3 masalah yang membinasakan sesuai hadits Rasulullah. Dan marilah kita berusaha sekuat tenaga serta niatkan dan terus berdoa supaya sanggup melaksanakan banyak sekali masalah yang sanggup menyelamatkan, menghapus dosa dan sanggup mengangkat derajat kita terutama dihadapan Tuhan Ta'ala.

0 Response to "Tiga Perkara Membinasakan Menyelamatkan Menghapus Dosa Mengangkat Derajat"

Posting Komentar