(Mp3 Ceramah/Kajian) Meneladani Ummu Ismail (Hajar) Sebagai Suri Tauladan Bagi Setiap Perempuan Muslimah


“Ya Tuhan kami, gotong royong saya telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di bersahabat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) semoga mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian insan cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur,” (QS Ibrahim: 37).

Kisah Nabi Ibrahim dengan istrinya mempunyai banyak kandungan nasihat yang dapat diterapkan dalam kehidupan berkeluarga.

Nabi Ibrahim sebelumnya mempunyai istri berjulukan Sarah, seorang muslimah yang tidak ada satu orang pun dikala itu yang beragama Islam kecuali Nabi Ibrahim dan Sarah saja.

Keduanya membina keluarga selama puluhan tahun, bahkan Nabi Ibrahim sudah menjadi bau tanah renta (80 tahun) dan belum juga diberi keturunan oleh Tuhan Subhanahu Wa Ta’ala.

Oleh alasannya yaitu tidak kunjung mempunyai keturunan, maka Ibunda Sarah memperlihatkan salah seorang budaknya yang berjulukan Hajar kepada Nabi Ibrahim. Dari ijab kabul Nabi Ibrahim dengan Hajar, lahirlah seorang anak berjulukan Ismail.

Selama puluhan tahun Nabi Ibrahim menjalin rumah tangga dengan Ibunda Sarah, keharmonisan itu lalu menjelma gejolak ketika istri kedua Nabi Ibrahim ternyata dapat memberinya keturunan.

Sejak dikala itu, Ibunda Sarah bernazar untuk melubangi tiga anggota tubuhnya yang lalu kini kita mengenalnya sebagai sunnah menggunakan anting-anting. Selain itu, Ibunda Sarah juga bernazar untuk meng-khitan dan itulah awal mula sunnah khitan bagi wanita.

Ada banyak pelajaran yang dapat diambil dari dongeng Nabi Ibrahim dengan Ibunda Sarah dan Ibunda Hajar untuk dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari di zaman modern. Dibahas pula di dalamnya dongeng keluarga yang dialami oleh Nabi Ismail dengan istri beliau.

Simak bersama pasangan Anda! Selamat menikmat!

Unduh/Dengarkan (4Shared)
Unduh/Dengarkan (Dropbox)

0 Response to "(Mp3 Ceramah/Kajian) Meneladani Ummu Ismail (Hajar) Sebagai Suri Tauladan Bagi Setiap Perempuan Muslimah"

Posting Komentar