Sosok Sheikh Ali Hasan Al-Halabi | Foto: GemaIslamCom |
اللجنة الدائمة للإفتاء برئاسة سماحة الشيخ عبد العزيز آل الشيخ حفظه الله
الحمد لله وحده والصلاة والسلام على من لا نبي بعده . . وبعد :
فإن اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء اطلعت على ما ورد إلى سماحة المفتي العام من بعض الناصحين من إستفتاآت مقيدة بالأمانة العامة لهيئة كبار العلماء برقم : ( 2928 ) ، ( 2929 ) بتاريخ : 13 / 5 / 1421 هـ. ورقم ( 2929 ) وتاريخ 13 / 5 / 1421 هـ. بشأن كتابي ( التحذير من فتنة التكفير ) ، ( صيحة نذير ) لجامعهما / علي حسن الحلبي ، وأنهما يدعوان إلى مذهب الإرجاء ، من أن العمل ليس شرط صحة في الإيمان . وينسب ذلك إلى أهل السنّة والجماعة ، ويبني هذين الكتابين على نقول لشيخ الإسلام ابن تيمية والحافظ بن كثير وغيرهما رحم الله الجميع .
وغبة الناصحين بيان ما في هذين الكتابين ليعرف القراء الحق من الباطل . . الخ . .
وبعد دراسة اللجنة للكتابين المذكورين ، والإطلاع عليهما تبين للجنة أن كتاب : (التحذير من فتنة التكفير) جمع / علي حسن الحلبي فيما أضافه إلى كلام العلماء في مقدمته وحواشيه يحتوي على ما يأتي:
1- بناه مؤلفه على مذهب المرجئة البدعي الباطل ، الذين يحصرون الكفر بكفر الجحود والتكذيب والاستحلال القلبي ، كما في ص / 6 حاشية /2 وص/22 ، وهذا خلاف ما عليه أهل السنة والجماعة: من أن الكفر يكون بالاعتقاد وبالقول وبالفعل وبالشك.
2- تحريفه في النقل عن ابن كثير – رحمه الله تعالى – في: ( البداية والنهاية: 13 / 118 ) حيث ذكر في حاشيته ص / 15 نقلاً عن ابن كثير: ( أن جنكيز خان ادعى في الياسق أنه من عند الله وأن هذا هو سبب كفرهم ) ،وعند الـرجوع إلى الـموضع المذكور لم يوجد فيه ما نسبه إلى ابـن كثير – رحمه الله تعالى – .
3- تقوله على شيخ الإسلام ابن تيمية – رحمه الله تعالى – في ص / 17 – 18 إذ نسب إليه جامع الكتاب المذكور: أن الحكم المبدل لا يكون عند شيخ الإسلام كفراً إلا إذا كان عن معرفة واعتقاد واستحلال. وهذا محض تقول على شيخ الإسلام ابن تيمية – رحمه الله تعالى – فهو ناشر مذهب السلف أهل السنّة والجماعة ومذهبهم ، كما تقدم وهذا إنما هو مذهب المرجئة.
4- تحريفه لمراد سماحة العلامة الشيخ / محمدبن إبراهيم آل شيخ – رحمه الله تعالى – في رسالته: تحكيم القوانين الوضعية. إذ زعم جامع الكتاب المذكور: أن الشيخ يشترط الاستحلال القلبي ، مع أن كلام الشيخ واضح وضوح الشمس في رسالته المذكورة على جادة أهل السنة والجماعة.
5- تعليقه على كلام من ذكر من أهل العلم بتحميل كلامهم مالا يحتمل ، كما في الصفحات 108 حاشية / 1، 109 حاشية / 21 ، 110 حاشية / 2.
6- كما أن في الكتاب التهوين من الحكم بغيرما أنزل الله ، وبخاصة في ص / 5 ح / 1 ، بدعوى أن العناية بتحقيق التوحيد في هذه المسألة فيه مشابهة للشيعة – الرافضة – وهذا غلط شنيع.
7- وبالإطلاع على الرسالة الثانية ( صيحة نذير ) وُجد أنها كمُساند لما في الكتاب المذكور – وحالهكما ذُكر -.
فإن اللجنة الدائمة ترى أن هذين الكتابين: لا يجوز طبعهما ولانشرهما ولا تداولهما لما فيهما من الباطل والتحريف. وننصح كاتبهما أن يتقي الله فينفسه وفي المسلمين ، وبخاصة شبابهم .
وأن يجتهد في تحصيل العلم الشرعي على أيدي العلماء الموثوق بعلمهم وحُسن معتقدهم. وأن العلم أمانة لا يجوز نشره إلا على وفق الكتاب والسنّة.
وأن يقلع عن مثل هذه الآراء والمسلك المزري في تحريف كلام أهل العلم ، ومعلوم أن الرجوع إلى الحق فضيلة وشرف للمسلم. والله الموفق.
وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين .
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء .
عضو: عبد الله بن عبد الرحمن الغديان .
عضو: بكر بن عبد الله أبو زيد .
عضو: صالح بن فوزان الفوزان .
الرئيس : عبد العزيز بن عبد الله بن محمد آل الشيخ .
Terjemah Bahasa Indonesia oleh tim ShoutussalamCom:
الحمد لله وحده والصلاة والسلام على من لا نبي بعده . . وبعد :
Sesungguhnya Lembaga Tetap untuk Pembahasan Ilmiah dan Fatwa telah menelaah apa yang ditujukan kepada mufti yang mulia dari sebagian penasehat berupa beberapa permohonan fatwa yang terkait amanah umum bagi forum para ulama besar, nomor : 2928,2929, tanggal : 13-5-1421 H, dan nomor : 2929 dan tanggal 13-5- 1421 H, perihal keadaan dua buah kitab yang berjudul “Ath-Tahdzir min Fitnah at-Takfir” dan “Shaihatu Nadziir”, penyusun dua kitab tersebut: Ali Hasan Al-Halabi, sebenarnya kedua kitab itu mengajak kepada anutan murji’ah, yang menyatakan bahwa amalan bukan syarat sahnya iman, kemudian ia menisbatkan hal itu kepada Ahlus sunnah wal jama’ah. Dia menyandarkan dalam dua kitab ini pada penukilan-penukilan dari Syaikhul islam Ibnu Taimiyah dan Al-Hafizh Ibnu Katsir dan yang lainnya -semoga Tuhan merahmati mereka semua-.
Karena kehendak para penasehat untuk menjelaskan kandungan yang terdapat didalam dua kitab ini supaya para pembaca sanggup mengetahui antara yang haq dan yang batil .dan seterusnya.
Setelah Lajnah mempelajari dua kitab tersebut, dan menelaah keduanya, maka jelaslah bagi lajnah bahwa kitab “At-tahdzir min Fitnah at-Takfir” goresan pena Ali Hasan Al-Halabi pada apa yang ia sandarkan kepada ucapan para ulama dalam muqaddimah-nya dan catatan kakinya mengandung hal berikut:
1- Penulisnya membangun kitab ini diatas anutan murji’ah yang bid’ah lagi batil, yang membatasi kekafiran hanya pada kufur juhud (kufur pengingkaran) dan kufur takdzib (kufur lantaran mendustakan) dan istihlal qalbi (menghalalkan apa yang diharamkan dengan hatinya,pen), sebagaimana yang tersebut di hal:6, foot note ke:2, dan hal:22. Ini menyelisihi aqidah ahlus sunnah wal-jama’ah bahwa kekafiran sanggup terjadi melalui ucapan, perbuatan, dan keragu- raguan.
2- Merubah penukilan dari Ibnu Katsir rahimahullah Ta’ala dalam Al-Bidayah wan-nihayah: 13/118, dimana ia menyebutkan pada foot note-nya di halaman: 15 menukil dari Ibnu Katsir “bahwa Jengis khan mengklaim bahwa aturan “al-yasiq” berasal dari sisi Tuhan dan bahwa ini yang menjadi alasannya yaitu kafirnya mereka (bangsa Tatar,pen)”. Tatkala merujuk ke sumber referensi yang dimaksud tidak ditemukan apa yang dinisbatkannya kepada Ibnu Katsir –rahimahullah Ta’ala-.
3- Mengada-ada atas nama Syaikhul islam Ibnu Taimiyah –rahimahullah Ta’ala- pada hal: 17- 18, dimana penyusun kitab tersebut menisbatkan kepada Beliau “bahwa aturan yang diganti tidak mengatakan kekafiran berdasarkan Syaikhul Islam kecuali kalau disertai pengetahuan dan keyakinan hati, dan menganggapnya sebagai sesuatu yang halal. Ini semata-mata mengada-ada atas nama Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah –rahimahullah Ta’ala- alasannya yaitu Beliau (syaikhul islam,pen) yaitu penyebar anutan salaf Ahlus sunnah waljama’ah dan prinsip mereka, sebagaimana yang telah disebutkan, sedangkan ini hanyalah merupakan anutan murji’ah.
4- Merubah maksud perkataan Allamah yang mulia: Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alu Syaikh rahimahullah Ta’ala dalam risalahnya yang berjudul “Tahkiim al-qawaaniin al-wadh’iyyah”. Dimana penyusun buku tersebut menyatakan bahwa Syaikh mensyaratkan penghalalan dalam hatinya, padahal ucapan Syaikh sangat terang mirip jelasnya matahari dalam risalah tersebut diatas aqidah ahlus sunnah wal-jama’ah.
5- Memberi komentar terhadap ucapan para ulama yang ia sebutkan dengan membawa ucapan mereka kepada sesuatu yang bukan maknanya,seperti yang terdapat di halaman: 108, foot note:1, hal:109 foot note:21, hal:110 foot note:2.
6- Sebagaimana didalam kitab ini juga menampakan perilaku meremehkan permasalahan berhukum dengan selain apa yang diturunkan Allah, khususnya pada halaman: 5, foot note:1, dengan alasan bahwa perhatian untuk memurnikan tauhid dalam permasalahan ini mirip Syi’ah Rafidhah, dan ini merupakan kesalahan fatal.
7- Menelaah risalah yang kedua dengan judul “Shaihatu nadziir” maka ditemukan bahwa kitab ini bersandar kepada kitab yang telah disebutkan, dan keadaan keduanya sebagaimana yang telah disebutkan.
Maka sesungguhnya Lajnah Daaimah melihat bahwa kedua kitab ini: dilarang dicetak, dilarang disebarkan, dan dilarang diedarkan disebabkan lantaran pada keduanya terdapat kebatilan dan perubahan makna dan kami menasehati penulis kedua kitab tersebut untuk bertaqwa kepada Tuhan pada dirinya dan pada kaum muslimin, terkhusus para cowok mereka, dan hendaknya bersungguh- sungguh dalam memperoleh ilmu syar’i melalui tangan para ulama yang dipercaya ilmunya dan baik aqidahnya. Sebab ilmu merupakan amanah dan dilarang disebarkan kecuali yang sesuai dengan al-kitab dan as-sunnah.
Hendaknya ia meninggalkan banyak sekali pemikiran ini dan cara-cara penipuan dalam merubah makna ucapan para ulama, sebagaimana yang diketahui bahwa kembali kepada kebenaran merupakan keutamaan dan kemuliaan bagi seorang muslim. Semoga Tuhan memberi taufik.
وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين .
Lajnah Daaimah untuk pembahasan ilmiah dan fatwa
Anggota : Abdullah bin Abdurrahman Al-Ghudayyaan
Anggota : Bakr bin Abdillah Abu Zaid
Anggota : Shalih bin Fauzan Al-Fauzan
Pimpinan : Abdul Aziz bin Abdillah bin Muhammad Alu Syaikh
0 Response to "Fatwa Lajnah Daimah Arab Saudi Ihwal Buku Sheikh Ali Hasan Al-Halabi"
Posting Komentar